Minyak Zaitun Turunkan Kadar Kolesterol

Banyak orang yang abai dengan gaya hidup sehat dan pola makan seimbang. Mudahnya mendapatkan makanan junk food untuk sekadar memenuhi gaya hidup modern mengakibatkan seseorang gampang terkena penyakit yang dapat merusak fungsi organ. Salah satu penyakit yang kerap menyerang adalah kolesterol tinggi. Tidak hanya dialami mereka yang berusia tua, tetapi yang masih muda pun bisa terserang kolesterol.

Dalam tubuh manusia sebenarnya ada kolesterol. Pada keadaan normal, seseorang memiliki kadar kolesterol 160-200 mg/dl. Kolesterol dianggap memasuki fase yang berbahaya jika kadarnya melebihi 240 mg/dl yang dapat mengakibatkan stroke. Gejala-gejala kolesterol tinggi di antaranya timbul benjolan warna merah, kesemutan, sakit pada sendi, pusing atau migrain yang sering kambuh.

Minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Kandungan minyak zaitun di antaranya omega-9, squalene atau cairan eter organik yang bermanfaat untuk sistem imun manusia. Omega-9 juga bisa membantu menurunkan sekaligus mengobati kolesterol pada tubuh. Kandungan lain dari minyak zaitun adalah zat besi, kalsium, potasium, polifenol serta vitamin A, C, D, E dan K. Minyak zaitun juga mengandung asam lemak tak jenuh, asam maristat, asam arachidat, asam palmitat, asam stearate dan lignoserat. Kandungan lain dari minyak zaitun adalah fenol, yang mengandung flavonoid. Kandungan tersebut mempunyai peranan aktif sebagai antioksidan yang sangat baik dan dapat membantu dalam menghambat proses oksidasi dari kolesterol jahat dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi minyak zaitun mentah, seseorang yang memiliki penyakit kolesterol bisa turun tingkat kolesterolnya. Dianjurkan untuk konsumsi minyak zaitun 1-3 sendok makan per hari. Namun untuk tahap awal dilakukan secara bertahap yaitu dengan kadar 1 sdm. Minyak zaitun ini diminum setengah jam atau 1 jam setelah makan berat. Semakin lama jarak minum minyak zaitun dengan makan berat lebih baik karena memberikan kesempatan makanan berat yang sudah dimakan dicerna terlebih dulu oleh tubuh. Cara ini bisa rutin dilakukan selama 3 bulan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya dalam pengobatan dibantu dengan bahan alami lain seperti rosela atau teh yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol secara bersama-sama dengan minyak zaitun. Untuk pengobatan, pilih minyak zaitun yang extra virgin yaitu minyak zaitun yang merupakan perasan pertama dengan warna hijau muda. Karena itu, ketika membeli minyak zaitun sebaiknya tidak beli yang di dalam kaleng karena tidak bisa dilihat warnanya.

Selain mengkonsumsi minyak zaitun, sebaiknya juga menjaga asupan makanan. Kurangi konsumsi asupan minyak-minyak yang lainnya seperti goreng-gorengan. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak menerima asupan minyak secara berlebihan. Tempe, tahu atau makanan lainnya sebaiknya ditumis daripada digoreng. Jika ingin membuat nasi goreng, gunakan beras cokelat. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Jadi, karena penyakit timbul akibat ketidak-seimbangan maka menjaga kesehatan dengan menjalani pola hidup sehat dan teratur harus dilakukan. Konsumsi Frutablend yang memiliki kandungan 22 jenis buah dan sayuran secara teratur akan sangat membantu pola makan yang seimbang sehingga kadar kolesterol dan kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik.

This entry was posted on August 23, 2016. Bookmark the permalink.